Selasa, 20 Mei 2014

TUGAS INOVASI PENDIDIKAN



TUGAS KELOMPOK INOVASI PENDIDIKAN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tema 6 Indahnya Negeriku Sub tema 3 Indahnya Peninggalan Sejarah dengan Metode Problem Based Learning (PBL)
Di Susun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Inovasi Pendidikan
Dosen Pengampu :  Ibu Sri Hartini



Disusun Oleh Kelompok 6 :
1.   Novi Kanastiowati       (A510120168/IV E)
2.  Sri Wahyuni                (A510120172/IV E)
3.  Aryawati Tuti      (A510120184/IV E)
4.  Citra Armelia      (A510120192/IV E)
5.  Dedy Suryo                (A510120193/IV E)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
TAHUN 2014
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri  Kleco 1
Kelas/Semester        : IV (Empat)/2 (Dua)
Tema 6                    : Indahnya Negeriku
Sub tema 3              : Indahnya Peninggalan Sejarah
Pembelajaran          : ke-3 (Tiga)
Waktu                     : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
PPKn
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
4.2 Melaksanaka kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat


Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.5  Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
Matematika
3.16 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang batau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
4.15 Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran


C.    Indikator
PPKn
3.2.1 Menyebutkan contoh hak dan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan peninggalan sejarah
4.2.1 Menjabarkan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan peninggalan sejarah

Bahasa Indonesia
3.5.1 Menggali informasi dari teks peninggalan bersejarah
4.5.1 Memilah dan memilih informasi penting dari teks peninggalan bersejarah

IPS
3.5.1 Memberikan contoh interaksi manusia dan lingkungan alam
4.3.1 Menceritakan interaksi manusia dengan peninggalan sejarah
Matematika
3.16.1 Menentukan nilai terkecil dan terbesar berdasarkan data penelitian
4.15.1 Menyajikan data diskrit kunjungan ke museum dalam bentuk grafik
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Diberikan teks peninggalan prasejarah, siswa mampu menggali menemukan informasi penting tentang keunikan dan keindahan benda-benda peninggalan zaman logam.
2.      Berdasarkan teks, siswa mampu memilah dan memilih kosakata baku dan membuat dalam bentuk kalimat yang terstruktur.
3.      Dengan diskusi, siswa mampu menyebutkan contph hak dan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan peninggalan sejarah
4.      Setelah menelaah teks, siswa mampu memberikan saran sehubungan dengan kewajiban sebagai warga tentang pelestarian peninggalan sejarah.
5.      Dengan berdiskusi siswa mampu memberikan contoh interaksi antara manusia dengan peninggalan bersejarah dengan antusias.
6.      Dengan berdiskusi siswa mampu menceritakan interaksi antara manusia dengan peninggalan sejarah.
7.      Setelah menelaah data tentang hasil survei kunjungan ke museum Nasional siswa mampu melakukan operasi hitung bilangan bulat (persen).
8.      Setelah berdiskusi tentang data hasil survei kunjungan ke museum Nasional, siswa mampu menggambarkan dalam bentuk diagram batang.

E.     Materi Ajar
1.      Identitas Suku Bangsa :
a.       PakaianTradisional
b.      Bahasa Daerah
c.       Rumah Adat
d.      Makanan Khas
e.       Upacara Adat
f.       Seni Tradisional (lagu, alatmusik, dan tari)
g.      Senjata Tradisional
h.      Persamaan identitas suku bangsa
2.      Kosakata Baku
3.      Grafik
4.      Diagram
5.      Tempat Bersejarah di daerah Setempat
a.       Persebaran tempat bersejarah
b.      Nilai yang dikandung dari tempat bersejarah
c.       Upaya pelestarian tempat bersejarah


F.     Alokasi Waktu
1        x Pertemuan (6 x 35 menit)
G.    Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan  : Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
Strategi          : Problem Based Learning (PBL)
Metode          : Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok (Discussion),  dan penugasan
H.    Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Ø Guru memberikan salam dan mengajak berdoa (religius).
Ø Mengecek kehadiran peserta didik
Ø  Guru menayangkan beberapa gambar rumah adat, pakaian, tari yang terkenal dari beberapa provinsi
Ø  Peserta didik mencermati video kebudayaan, kemudian siswa diminta untuk menyampaikan pendapat dan perasaannya setelah melihat gambar tersebut. Misalnya rumah adat dan pakaian daerah tampak indah sekali. Perasaan siswa yang menjadi bangga melihatnya.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu identitias suku bangsa, kosa kata baku, grafik, diagram batang, diagram lingkaran dan tempat-tempat bersejarah di daerah setempat.
10 menit
Inti

Ø Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama pembelajaran, yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran diskusi mencari pasangan gambar sesuai dengan provinsi dan percobaan (experiment) dengan bantuan Lembar Kegiatan (rasa ingin tahu).
Ø Peserta didik mendengarkan arahan guru agar dalam kegiatan diskusi dapat bekerjasama dengan baik, santun dan menghargai pendapat teman.
Ø Peserta didik membaca dan mencermati  kembali teks cerita tentang lingkungan sosial, yaitu identitas suku bangsa (gemar membaca), sementara itu guru   meletakkan beberapa atlas provinsi (Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Selatan, Ambon, dan Papua) di beberapa meja peserta didik (6 meja).
Ø Selesai kegiatan membaca,  setiap peserta didik mengambil satu kartu gambar secara acak.
Ø Dengan sungguh-sungguh dan cermat, setiap peserta didik mengamati kartu gambar tersebut, apakah gambar tersebut merupakan rumah adat, pakaian tradisional, tari daerah, atau alat musik tradisional.
Ø Setelah diperoleh informasi gambar dan diketahui asal provinsinya, maka peserta didik mencari pasangan kartunya yang cocok dengan atlas provinsi yang terletak di meja. Contoh: kartu yang berisi alat musik Kolintang akan dibawa ke meja dimana terdapat atlas provinsi Sulawesi Utara (rasa ingin tahu dan berpikir kritis).
Ø Setelah kegiatan mencocokan pasangan gambar selesai, peserta didik dalam kelompok provinsi mengerjakan tugas melalui diskusi dengan panduan lembar kegiatan (LK1) untuk melengkapi identitas suku bangsa menjadi lengkap.  Hasil  diskusi masing-masing kelompok dipajang di dinding kelas.
40 menit

Ø Setiap kelompok menerima LK2 untuk memandu kegiatan diskusi selanjutnya. Peserta didik diberi waktu beberapa menit untuk mengamati data/informasi yang ada dalam pajangan, kemudian menggunakan informasi tersebut untuk mengkaji, menghubungkan dan menalar tentang adanya kesamaan identitas suku bangsa dari identitas suku bangsa yang ada di beberapa provinsi.
Ø Selanjutnya,  dengan  interaksi yang santun dan toleran di antara peserta didik  terhadap berbagai pendapat, mereka merumuskan berbagai contoh perilaku yang harus ditunjukkan saat berinteraksi dengan masyarakat  yang beranekaragaman suku, budaya, dan seni di tanah air.
Ø Dengan menggunakan bacaan cerita tentang Keanekaragaman suku dan budaya, setiap peserta didik dalam kelompok membaca secara cermat dan kritis untuk mencari  kosa kata baku dan tidak baku yang ada di dalamtekstersebut.
Ø Peserta didik diminta menyusun kalimat  dengan menggunakan  kosa kata baku tersebut secara kreatif dan benar. Kalimat yang disusun sendiri itu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Ø Peserta didik diminta membandingkan kosa kata baku yang ditemukannya dan kalimat yang telah disusunnya dengan hasil teman dalam satu kelompok.
Ø Selesai diskusi, guru mengundi kelompok yang akan melaporkan hasil diskusinya.
Ø Kelompok lain yang tidak bertugas melaporkan diminta mendengarkan, mencermati, menanggapi, memberikan informasi, atau saran.
Ø Kemudian bersama guru melengkapi/menyempurnakan hasil diskusi.
Ø Guru melakukan penilaian sikap peserta didik selama mereka diskusi.
50 menit

Ø Guru bersama-sama siswa mengunjungi tempat-tempat bersejarah di lingkungan setempat (persebaran tempat-tempat bersejarah, nilai yang dikandungnya, contoh perilaku melestarikan peninggalan sejarah).
Ø Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi
Ø Setiap kelompok menyusun laporan hasil diskusinya tentang tempat-tempat bersejarah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar, jelas, logis, dan sistematis.
Ø Setelah selesai diskusi, setiap kelompok melaporkan hasilnya dan kelompok lain menanggapi.
Ø Guru memfasilitasi kegiatan diskusi dan  presentasi, kemudian melakukan pengamatan untuk penilaian kinerja peserta didik selama melakukan presentasi.
Ø Peserta didik dan guru menanggapi presentasi tentang tempat-tempat bersejarah.
Ø Laporan tertulis dari setiap kelompok dikumpulkan untuk dilakukan penilaian produk oleh guru.
50 menit

Ø  Guru menampilkan data perkembangan prestasi peserta didik dengan menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda,  diagram garis, dan diagram lingkaran
Ø  Siswa mendengarkan dan memahami informasi guru tentang bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda,  diagram garis, dan diagram lingkaran
Ø  Peserta didik dan guru melakukan tanya jawab tentang berbagai bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda,  diagram garis, dan diagram lingkaran yang dapat  ditemukan pada gambar-gambar tersebut.
Ø Guru memberikan contoh tentang membuat grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran dan siswa mendengarkan informasi dari guru
Ø Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok diskusi
Ø  Peserta didik secara berkelompok diminta mencoba membuat grafik batang ganda, digaram batang dan diagram lingkaran dari data jumlah inventaris sebuah ruang kelas yang telah di berikan guru kepada siswa.
Ø  Setiap kelompok bekerjasama untuk membuat grafik, diagram batang dan diagram lingkaran dengan menggunakan karton yang telah disediakan guru (dibentuk dengan kreatifitas dan harus semenarik mungkin).
Ø  Peserta didik melaporkan hasil diskusi, kelompok lain dan guru menanggapi.
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan hasil percobaan membuat grafik, diagram batang dan diagram lingkaran untuk dilakukan penilaian produk.

45 menit
Penutup
Ø Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu.
Ø Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Ø Guru melakukan penilaian
Ø Peserta didik ditugaskan membuat kliping dengan tema Keanekaragaman Budaya Indonesia secara ndividu untuk provinsi lain yang belum dibahas .
Ø Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghormati keanekaragaman suku bangsa di Indonesia, menumbuhkan rasa peduli sosial yang tinggi.
Ø Salam dan doa penutup.
15 menit



I.       Penilaian
a.       Tes Tertulis dalam bentuk uraian.
b.      Penilaian sikap selama bekerja kelompok.
c.       Penilaian kinerja presentasi.
d.      Produk: Membuat  klipingtentang KeanekaragamanBudaya Indonesia.
(Instrumen penilaian terlampir)
J.      Sumber Dan Media Pembelajaran
a.       Atlas Provinsi  (Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Selatan, Ambon, dan Papua).
b.      Kartu-kartu gambar (pakaian tradisional, tari daerah, rumah adat, alat musik  tradisional).
c.       Gambar obyek-obyek terkenal di provinsi.
d.      LembarKegiatan (LK 1, 2, dan 3).
e.       Bacaan cerita Keanekaragaman Suku dan Budaya.
f.       Teks lagu modifikasi “disini senang disana senang”.
g.      Teks Lagu Dari Sabang Sampai Merauke.
h.      Bentuk-bentuk grafik batang ganda, diagram garis dan diagram lingkaran.

Surakarta, 15 Mei 2014
Kepala SD Negeri Kleco 1                                                                             Guru Kelas 4


Hj. Maserah,S.Pd.                                                                                   Sri Wahyuni
NIP                                                                                                     NIP. A510120172
    




0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar